Thursday, January 5, 2017

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Pada Anak

Asslamu'alaikum...

Hai sobat, tetap semangat kan pastinya? Kali ini saya akan membahas tentang pentingnya membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak. Simak di bawah ini ya...


Mungkin sobat pernah mendengar tentang mendongeng sebelum tidur pada si kecil. Faktanya kebanyakan orang tua tidak suka melakukan hal itu ketika hari-hari kerja karena membaca beberapa menit saja cukup mengganggu dan melelahkan, padahal membacakan dongeng sebelum tidur dapat memberikan dampak positif bagi emosional anak dan kesehatan mental anak. Banyak keuntungan-keuntungan luar biasa dari mendongeng sebelum tidur dan itu akan membuat sobat tidak malas lagi mendongeng sebelum tidur pada si buah hati / adik kita ya sob...

1. Mendongeng Sebelum Tidur Mengembangkan Imajinasi
Mendongeng sebelum tidur dapat mengembangkan imajinasi anak. Anak-anak seharusnya memiliki daya imajinasi yang sehat karena itu membuat pikiran mereka bekerja dan mengajarkan mereka untuk berfikir cepat namun efektif. Mereka akan menemukan solusi yang tepat di masa depan berkat imajinasi yang luar biasa. Kemampuan untuk memvisualisaikan karakter, tempat dan situasi yang tidak nyata akan membuat hidupnya berwarna dan menyenangkan.
2. Momen Berharga
Dongeng sebelum tidur menciptakan kenangan-kenangan yang tak terlupakan. Sebagai orang tua/kakak mungkin menginginkan anak/adik mengingat saat-saat ketika kita membacakan beberapa dongeng tentang sihir sebelum tidur. Saat-saat ketika kita mengatakan bahwa itu adalah malam yang baik bagi kita dan si kecil serta melihat senyum kecil yang menawan ketika ia mengantuk, itu semua benar-benar tak ternilai harganya. Luangkan beberapa menit untuk membacakan dongeng sebelum tidur pada si kecil untuk menciptakan kengangan-kenangan itu.
3. Meningkatkan Tata Bahasanya
Membacakan dongeng juga dapat meningkatkan bahasa anak. Ketika kita membacakan cerita kepada mereka, dalam waktu bersamaan juga kita mengajarkan mereka untuk dapat mengingat kata-kata yang kita ucapkan dan itu memperluas kosakata mereka. Mereka juga kemungkinan besar akan menggunakan kata-kata yang dibacakan melalui cerita-cerita yang anda bacakan setelah mereka mendengarnya. Mendengarkan banyak cerita membantu anak-anak untuk mampu mengekspresikan pendapat mereka dengan lebih baik.
4. Menumbuhkan Cinta Membaca
Ketika kita membacakan dongeng sebelum tidur, kita mendorong si kecil untuk membaca lebih banyak buku ketika sedang dalam perjalanan. Anak-anak yang suka membaca biasanya memiliki orang tua yang sudah terbiasa membacakan dongeng sebelum tidur. Anak–anak yang hanya menonton film dan kartun saja tidak tahu apa saja manfaat-manfaat dari membaca. Cobalah untuk mengispirasi anak / adik kita dengan cara ini kita dapat membuat mereka jauh lebih sukses dalam hidupnya.
5. Dapat Merangsang Otak Anak
Coba bayangkan berapa banyak pertanyaan muncul di kepala anak anda ketika mereka mendengar cerita dari ibu, ayah, atau kakak mereka ? Apa ini apa itu? Mereka belum tau banyak hal tapi semakin banyak kita membacakan cerita semakin banyak pertanyaan mereka dan semakin banyak pula jawaban yang mereka dapat maka mereka akan menjadi semakin cerdas. Mulailah membacakan dongeng sebelum tidur bagi si kecil setiap malam dan mereka akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka sendiri meskipun tanpa bantuan ayah atau ibunya karena otak mereka dapat bekerja lebih baik, lebih cepat dengan cara mereka sendiri.
6. Mendongeng Merupakan Pengantar Tidur Yang Baik
Jika kita tidak biasa menyanyi atau tidak mau melakukannya karena alasan lain, kita dapat membacakan dongeng sebelum tidur untuk membuat si kecil lebih cepat tertidur. Dongeng sebelum tidur tidak lebih buruk dari lagu pengantar tidur. Saat ini kita beruntung karena dapat mengakses begitu banyak cerita sehingga anda dapat memilih cerita apapun dan membacakannya kepada si kecil sehingga dapat mendidik mereka sejak dini. Membacakan dongeng tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak tapi juga akan mengembangkan pengucapan dan artikulasi anda sendiri.
7. Membaca Membuat Si Kecil Jadi Lebih Pintar
Membaca membuat kita lebih pintar. Ketika anak memdengar cerita, mereka belajar beberapa hal; tata bahasa dan juga kosakata misalnya. Membacakan dongeng juga membuat si kecil berhasil di sekolah karena mereka mengetahui banyak informasi dari cerita-cerita yang kita bacakan. Lebih lagi bahwa setiap cerita memiliki nilai-nilai moral yang memberitahu anak mana yang baik dan mana yang tidak baik. Dengan kata lain, hal itu menunjukan konsep dasar masyarakat, perilaku yang baik dan kehidupan secara umum.
Inilah alasan-alasan yang tidak perlu diragukan apakah kita harus membacakan dongeng sebelum tidur atau tidak.Tidak peduli seberapa lelah kita, luangkanlah waktu beberapa menit untuk membaca setidaknya satu dongeng singkat untuk si kecil.  Saya yakin, mereka akan berterima kasih di masa depan.
Semoga bermanfaat.
If You Think You Can, You Can 😍
Wassalamu'alaikum...

No comments:

Post a Comment

About